WELCOME TO OFFICE INTEGRATION

Jumat, 14 Juni 2013

PENGENALAN MICROSOFT WORD



  1. Sejarah Microsoft Word
Banyak ide dan konsep Word diambil dari Bravos, pengolah kata berbasis grafik pertama yang dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center (PARC). Pencipta Bravo,Charles Simonyi, meninggalkan Xerox PARC dan pindah ke Microsoft pada 1981. Simonyi juga menggaet Richard Brodie dari PARC. Pada 1 Februari 1983, pengembangan Multi-Tool Word dimulai.


Setelah diberi nama baru Microsoft Word, Microsoft menerbitkan program ini pada 25 Oktober 1983 untuk IBM PC. Saat itu dunia pengolah kata dikuasai oleh WordPerfectdan juga WordStar.Word memiliki konsep "What You See Is What You Get", atau WYSIWYG, dan merupakan program pertama yang dapat menampilkan cetak tebal dan cetak miring pada IBM PC. Word juga banyak menggunakan tetikus yang saat itu tidak lazim sehingga mereka menawarkan paket Word-with-Mouse. Word processor berbasis DOS lain, seperti WordStar dan WordPerfect, menampilkan hanya teks dengan kodemarkup dan warna untuk menandai pemformatan cetak tebal, miring, dan sebagainya.
Word untuk Macintosh, meski memiliki banyak perbedaan tampilan dari versi DOS-nya, diprogram oleh Ken Shapiro dengan sedikit perbedaan dari kode sumber versi DOS, yang ditulis untuk layar tampilan resolusi tinggi dan printer laser, meskipun belum ada produk seperti itu yang beredar untuk publik. Setelah LisaWrite dan MacWrite, Microsoft pun mencoba untuk menambahkan fitur WYSIWYG ke dalam paket program Word for Macintosh. Setelah Word for Macintosh dirilis pada tahun 1985, program tersebut mendapatkan perhatian yang cukup luas dari masyarakat pengguna komputer. Microsoft tidak membuat versi Word 2.0 for Macintosh, untuk menyamakan versi dengan Word untuk sistem atau platform lainnya.
Versi selanjutnya dari Word for Macintosh, adalah Word 3.0, yang dirilis pada tahun 1987. Versi ini mencakup banyak peningkatan dan fitur baru tapi memiliki banyak bug. Dalam hanya beberapa bulan, Microsoft mengganti Word 3.0 dengan Word 3.01, yang jauh lebih stabil. Semua pengguna terdaftar dari Word 3.0 dikirimi surat yang berisi salinan Word 3.01 secara gratis, sehingga menjadikan hal ini kesalahan Microsoft paling mahal untuk ditebus pada waktu itu. Word 4.0, yang dirilis pada tahun 1989, merupakan versi yang sangat sukses dan juga stabil digunakan.
Tahun 1990-1995
Pada rentang tahun ini, Word for Windows diluncurkan. Versi pertama dari Word for Windows dirilis pada tahun 1989 dengan harga 500 Dolar Amerika Serikat. Dengan dirilisnya Microsoft Windows 3.0 pada tahun selanjutnya, penjualan pun akhirnya terdongkrak naik, mengingat Word for Windows 1.0 didesain untuk Windows 3.0 dan performanya sangat buruk jika dijalankan pada versi sebelumnya. Microsoft menunggu hingga merilis Word 2.0 untuk mengukuhkan Microsoft Word sebagai pemimpin pasar pengolah kata.
Selain, Microsoft Word, ada beberapa jenis word processor yang popular dan sudah beredar di masyarakat diantaranya : WordStar (WS), WordPerfect (WP), AmiPro, WordPad, dan lain-lain. Microsoft Word sebagai program pengolah kata memberikan fasilitas-fasilitas yang lebih familiar dibandingkan dengan pengolah kata lainnya.
Program pengolah kata Microsoft Word telah mengeluarkan versi 1.0. sampai 6.0. untuk versi DOS. Kemudian, seiring dengan kemajuan perusahaan pembuatnyya, Microsoft Coorporation telah mengeluarkan 12 versi Microsoft Word, yaitu versi ’95, ’97, 2000, 2002, 2003, dan 2007.

  1. Pengenalan Microsoft Word 2003
Microsoft Word merupakan program untuk mengolah kata (teks). Program ini bisa digunakan untuk menulis dokumen misalnya skripsi, novel, laporan penelitian, laporan,dan sebagainya. Selain menulis teks, MS Word juga dapat digunakan untuk bekerja dengan tabel, teks artistik, formula, menyisipkan gambar, shape, bagan organisasi dan lainnya. Di bawah ini adalah menu-menu dan fungsinya yang ada di Microsoft Word 2003.

1.      Title Bar : berisi judul dokumen dan tombol, minimize,maximize,Exit
2.      Menu Bar : berisi menu-menu shorcut perintah dalam word
3.      Toolbar : berisi tombol-tombol shorcut perintah dalam word
4.      Tombol close dokumen
5.      Task Pane : Panel task (kumpulan task dalam word)
6.      Vertical scroolbar : menggeser tampilan dokumen secara vertical
7.      Horizontal scroolbar : menggeser tampilan dokumen secara horizontal
8.      Halaman tempat membuat teks atau dokumen
9.      Horisontal Ruler : melihat atau mengatur batas teks
10.  Ruler indent : mengatur tabulasi
11.  Kursor : penanda posisi aktif pengetikan secara default teks yang diketik akan ditempatkan di kursor
12.  Vertikal ruler :melihat atau mengatur batas teks
13.  Toolbar drawing : kumpulan tombol shorcut untuk membuat gambar atau bentuk sederhana
14.  Status bar : untuk menampilkan halaman yang aktif, jumlah halaman, baris dan kolom yang aktif



MENGGUNAKAN MICROSOFT WORD

  1. Cara Memulai Menggunakan Microsoft Word 2003
Untuk memulai Word, Lakukan langkah-langkah berikut:
1.      Bisa dengan menggunakan klik shorcut Word yang ada di desktop, atau Pada start menu pilih Programs => Microsoft Office => Microsoft Office Word 2003

2.      Setelah muncul lembar kerja word
File => New (untuk membuat dokumen baru)
File => Page Setup (untuk mengatur setting halaman)

3.      Pada kotak dialog Page Setup, pilih tab Margin , atur margin sesuai keinginan:
Jika satuannya bukan cm ada dapat mengubahnya
·        Pada Menu bar pilih Tools => Options
·        Pada kotak dialog Options pilih tab General pada item Measurement unit pilih centimeter
·        Klik OK
4.      Untuk mengatur ukuran halaman agar sesuai ukuran kertas , pilih tab Pages => Pages Size, pilih A4 atau Legal sesuai kertas anda.

5.      Mengatur Header dan Footer (berguna untuk mengatur jarak antara nomor halaman atau catatan kaki dengan tulisan)

  1. Cara Mengatur Nomor Halaman
1.      Klik pada section pertama.
2.      Pada menu View , Klik Header and Footer.
3.      Klik pada footer dimana anda akan membuat nomor halaman.
4.      Pada toolbar Header and Footer, Klik ikon Insert Page Number.
5.      Pada toolbar Header and Footer, Klik ikon Format Page Number.
6.      Dalam kotak Number format, Klik format yang anda ingin beri nomor halaman padasection ini. Klik OK.
7.      Pada toolbar Header and Footer, Klik ikon Page Setup.
8.      Dalam kotak Headers and Footers, Klik kotak “Different first page” untuk mematikan nomor halaman pada halaman awal.
9.      Klik pada footer dari section kedua.
10.  Pada toolbar Header and Footer, Klik ikon Link to Previous untuk memutus koneksi antara footers dari dua sections.
11.  Hapus nomor halaman pada footer section kedua.
12.  Klik dalam header dari section kedua.
13.  Pada toolbar Header and Footer, Klik ikon Link to Previous untuk memutus koneksi antara headers dari dua sections.
14.  Pada toolbar Header and Footer, Klik ikon Insert Page Number.
15.  Pada toolbar Header and Footer, Klik ikon Format Page Number.
16.  Dalam kotak Number format, Klik format yang anda inginkan untuk nomor dalamsection ini.
17.  Tutup toolbar Header and Footer.

  1. Mengatur Paragraf
Selain menggunakan tombol shortcut, anda juga bisa menggunakan cara berikut ini untuk mengatur paragraf di word 2003. Cara mengatur paragraf berikut ini dengan melakukan teknik blok secara manual pada teks kemudia menggunakan option paragraph untuk mengatur ukuran paragraf /tinggi baris.

1.      Pada Menu bar, pilih Format => Paragraph 

2.      Pada kotak dialog Paragraph, atur spacing before dan after (biasa digunakan untuk mengatur spasi antara Judul atau sub judul dengan isi tulisan)
Pada Line spacing pilih spasi yang diinginkan. Klik OK

3.      Hasilnya akan tampak seperti di bawah ini

  1. Membuat Daftar Isi Secara Otomatis
Bagi yang masih menggunakan Microsoft Office Word 2003, bila ada suatu tugas atau apa saja yang menggunakan daftar isi, ada satu trik untuk mempermudah pekerjaan tersebut. Berikut langkah-langkah pengerjaannya:
                        Ada satu contoh file yang memiliki beberapa halaman:

1.      Letakkan kursor di halaman paling pertama (halaman 0) untuk membuat daftar isi. 

2.      Kemudian pilih format-Styles and Formatting 

3.      Setelah itu muncul format dari format-Styles and Formatting
Berada di sebelah paling kanan, kemudian lakukan pengaturan setiap judul atau subjudul dengan "heading 1 untuk judul, heading 2 untuk subjudul dan seterusnya...."
Lakukan dengan meletakkan kursor di judul dengan format heading 1, dan seterusnya 

Dan seterusnya semua judul dan subjudul diberi format heading..
4.      Setelah itu, kembali kursor letakkan di halaman 0, pilih insert-Reference-Index and Tables 

5.      Setelah itu muncul form seperti ini:

6.      Lalu klik "ok" 

  1. Mengetik Cepat Menggunakan Fitur Autocorrect
Cara mengetik cepat di word menggunakan fitur autocorrect. Saya yakin banyak diantara teman-teman yang sering menggunakan fitur autocorrect untuk mempercepat pengetikan di microsoft word 2003, namun buat teman-teman yang belum menggunakan autocorrect untuk mengetik cepat di word bisa mencoba tips autocorrect. Umumnya jika kita mengetik tanpa menggunakan fitur autocorrect maka kita akan mengetik huruf satu persatu. Tetapi jika kita menggunakan autocorrect maka kita bisa mengetikkan kata tertentu kemudian menekan spasi, maka secara otomatis word akan melengkapi kalimatnya. (efektif jika dalam pengetikan banyak kata/kalimat yang harus diketik berulang)
Contoh seperti di bawah ini, misalkan kita akan mengetik kalimat:
Contoh :1. belajar Microsoft Word 2003 untuk pemula merupakan salah satu metode untuk mengefektifkan pengetikan. Dengan belajar Microsoft Word 2003untuk pemula maka diharapkan menjadi dasar untuk lebih memahami Word.
Jika menggunakan autocorrect, maka cukup melakukan pengisian di autocorrect belajar Microsoft Word 2003, Jadi saat menulis /mengetik di word cukup lakukan pengetikan:
Contoh :1. be spasi
Jika menggunakan autocorrect, maka cukup melakukan pengisian di autocorrect.
Untuk mempercepat pengetikan di word 2003 lakukan prosedu berikut:
1.      Pilih Tools - Autocorrect options...

2.      Pada kotak dialog berikut:
Lepas centang "Capitalize fis letter of sentences", agar huruf awal setiap kata menjadi capital (huruf besar)
Pada bagian replace isi dengan be
di bagian with  isi dengan : belajar Microsoft Word 2003 untuk pemula
Klik Add (untuk menambah ke dalam list autocorect)
Anda bisa buat kata lain yang berulang di dalam pengetikan anda
Klik OK

3.      Masuk ke lembar kerja
Jadi saat menulis /mengetik di word cukup lakukan pengetikan:
Contoh :1  be spasi

Hasilnya akan menjadi :
Contoh :1. belajar Microsoft Word 2003 untuk pemula
Silahkan dicoba dengan kata yang lain, metode ini hanya efektif jika banyak kata yang berulang untuk diketik. Jika kata tersebut cuma sekali hingga 10 kali diketik dalam tulisan pastilah tidak efektif menggunakan autocorrect word 2003.

  1. Membuat Bullet dan Numbering
Bullet dan numbering sering dipakai dalam pembuatan atau pengetikan teks. Berikut prosedur yang bisa dilakukan untuk pembuatan bullet dan numbering

a)      Membuat Numbering

1.      Buat sebuah kalimat seperti di bawah ini, kemudian tekan enter
Lihat kursor pada posisi di bawah kalimat (lihat panah merah bawah)
Klik tombol Numbering di toolbar (panah merah atas)

2.      Ketik kata: edit Profile kita
Tekan enter

3.      Hal ini anda lakukan sebanyak yang anda butuhkan.
Contoh bisa di lihat di bawah ini


b)      Membuat Bullet
1.Buat sebuah kalimat seperti di bawah ini, kemudian tekan enter
Lihat kursor pada posisi di bawah kalimat (lihat panah merah bawah)
Klik tombol Bullet di toolbar (panah merah atas)

2.Ketik kata: edit Profile kita
Tekan enter

3.Lakukan enter, kemudian lakukan pengetikan, tekan enter untuk pindah ke bullet berikutnya. Hasilnya tampak seperti di bawah ini

c)      Untuk mengubah format atau bentuk Bullet dan Numbering, lakukan langkah berikut:
1.Pada menubar pilih Format => Bullets and Numbering

2.Pada kotak dialog yang muncul
pilih tab numbered, pilih bentuk yang anda inginkan, klik OK

3.Pada kotak dialog yang muncul
pilih tab bullet, pilih bentuk yang anda inginkan, klik OK

  1. Cara Mengetahui Kode Shorcut Dalam Word 2003
Keyboard shorcut bisa membantu dalam menghemat waktu pengetikan, karena tangan anda tidak perlu lagi bolak-balik dari keyboard ke mouse. Jika mengetahui kombinasi tombol keyboard untuk melakukan perintah-perintah yang ada di Word, maka akan sangat membantu jika anda mengetahui kode shorcut di keyboard.
Untuk mencari kode shortcut di word bisa anda gunakan prosedur berikut:
1.      Pada Menubar pilih Tools => Customize

2.      Pada kotak dialog Customize, pilih tab Commands
Klik tombol Keyboard

3.      Pada tombol CustomizeKeyboard pilih item dari Categories
Pilih item yang ada dalam categories, contoh : File => FileCloseOrExit


Pada bagian Current keys muncul kombinasi tombol keybord yang bisa anda gunakan.
Contoh : jika menekan tombol Alt+F4 maka Word akan mengeksekusi perintah menutup file
Beberapa tombol shorcut yang biasa saya gunakan:
Ctrl+S = Menyimpan file
Ctrl+C = Copy file
Ctrl+X = Cut file
Ctrl V = Paste

Anda bisa melihat kode tombol shorcut yang lain dengan menggunakan cara di atas.
(Catatan: Jika anda kuat menghapal sebaiknya anda gunakan kombinasi tombol diatas untuk mempercepat pengetikan dalam Word)


  1. Menambah Shorcut Equation Di Toolbar Word Untuk Mengetik Rumus Matematika
Jika anda ingin mengetik rumus matematika yang kompleks, maka anda bisa menggunakan fasilitas equation editor yang disediakan oleh Word.

Untuk mengaktikannya lakukan langkah berikut:
1.      Pada menubar pilih Tools => Customize

2.      Pada kotak dialog Customize
Di bagian Categories pilih Insert
Di bagian Commands pilih Equation Editor, klik dan drag icon equation editor ke toolbar

3.      Tampilan tombol equation editor pada Toolbar

4.      Klik tombol equation editor tersebut
Jika equation editor belum terinstal maka akan muncul kotak dialog berikut

5.      Klik tombol Yes untuk menginstal equation editor, masukkan cd installer microsoft office ke cd room, atau jika dalam hardisk anda ada installer Microsoft Office, arahkan ke direktori tersebut
Tunggu hingga proses instalasi selesai.

Jika instalasi sukses, maka pada saat anda menekan tombol equationeditor yang ada di toolbar, maka akan muncul tampilan editor untuk membuat equation seperti di bawah ini


  1. Mengaktifkan Autosave Di Word
Autosave sangat bermanfaat jika di daearah anda sering mati listriknya, atau komputer anda sering hang. Maka anda masih mempunyai file dari hasil simpanan terakhir autosave sebelum komputer trouble.
Untuk mengaktifkan autosave, lakukan prosedur berikut:
1.      Pada menubar pilih Tools -> Options

2.      Pada kotak dialog option pilih tab "save"
centang "save autorecovery info every" .... minutes (saya mengatur 10 menit, anda bisa menyesuaikan sesuai kebutuhan)

  1. Cara Buat Password (Proteksi) File Dokumen Word
Buat teman-teman yang masih pemula. Terkadang kita perlu memproteksi file (dokumen) word kita untuk menjaga agar file tersebut tidak diubah oleh orang lain. Secara default kita dapat memanfaatkan fasilitas proteksi dokumen yang telah disediakan oleh Microsoft Word.

Berikut cara membuat password file word:
1.       Buka dokumen word yang akan diproteksi
2.      Pada menu bar pilih Tools => Options..

3.      Pada kotak dialog Options, pilih tab Security file

Tidak ada komentar:

Posting Komentar